Iwan Sunito, Raja Properti Australia dari Indonesia

Iwan Sunito, Raja Properti Australia dari Indonesia


Iwan Sunito, CEO Crown Group
Siapa sih yang tidak kenal Iwan Sunito? Salah seorang Raja Properti di Indonesia yang pengaruhnya sampai ke benua sebelah, Australia dan kini masuk dalam jajaran 20 tokoh paling berpengaruh di Sydney, Negara Bagian New South Wales, Australia, versi Southern Courier.  Iwan  merupakan satu-satunya orang Indonesia yang masuk dalam daftar Southern Courier dan menduduki peringkat ke-16. 

Pendiri sekaligus CEO Crown Group, sebuah perusahaan properti yang berbasis di Australia yang lahir di kota Surabaya pada tanggal  29 Juli 1966 tersebut dinilai sebagai vigur yang visioner karena berhasil menciptakan beberapa kawasan hunian yang mampu memanjakan penghuninya (dengan standar internasional tentunya).

Meski didapuk sebagai salah seorang yang berpengaruh, Iwan menganggapnya sebagai hal yang mengejutkan. "Terkejut, tapi sangat membanggakan, karena banyak nama-nama hebat dalam daftar tersebut yang telah memberikan kontribusi besar bagi Sydney. Ini kehormatan yang  luar biasa," kata pengusaha yang dikenal sebagai  sosok yang ramah dan rendah hati ini. 

Ditangannya yang humble dan bersahabat inilah Crown Group bisa menjelma menjadi perusahaan properti kelas atas di Australia dimana pada tahun 2016  omset  Crown Group telah mencapai lebih dari Rp 5 triliun yang berasal dari beberapa produk properti. Satu di antaranya, Waterfall sebuah apartemen yang dirancang sebanyak empat menara di kawasan Waterloo, kawasan pinggiran Sydney, dengan total 331 unit.  Dalam lima tahun ke depan, Iwan menargetkan Crown Group dapat meraup penjualan Rp 10 triliun dari proyek-proyek yang tengah dan akan dikembangkannya

Dalam daftar 20 besar tersebut, terdapat nama-nama popular macam Lindsay Shurey (10) yang merupakan Wali Kota Randwick, dan Michelle Simmons (7), seorang professor di University New South of Wales yang berhasil memenangkan gelar Australian of The Year berkat dedikasinya di bidang fisika kuantum. Selain itu, ada juga Sam Burgees (4), pemain rugby terkemuka serta Harry Triguboff (2) yang merupakan orang terkaya kedua di Australia menurut Australian Financial Review dengan kekayaan yang mencapai Rp 120 triliun. Harry Triguboff ini juga merupakan pendiri dari Meriton, perusahaan pengembang terbesar di Australia.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Iwan Sunito, Orang Indonesia Paling Berpengaruh di Sydney", https://properti.kompas.com/read/2018/07/23/123053621/iwan-sunito-orang-indonesia-paling-berpengaruh-di-sydney.



SHARE

About GOJEK #GolekRejeki

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: