Tips Memilih Bahan Kanopi

Memilih Kanopi
Salah satu pelengkap rumah yang sangat dibutuhkan dan lagi ngetrend saat ini adalah kanopi yang berfungsi sebagai pelindung terhadap hujan dan sinar matahari. Pada umumnya, Kanopi digunakan di depan atau samping rumah sehingga menjadi point of view bagi rumah kita. Oleh karena itu, dalam menggunakan kanopi kita harus memperhatikan faktor estetika khususnya bentuk maupun warna sehingga terlihat indah dan rapi. Saat ini, terdapat bermacam-macam bahan penyusun kanopi yang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Berikut ini adalah jenis-jenis kanopi beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing:

1.    Kaca
Kanopi  yang terbuat dari kaca merupakan salah satu kanopi yang banyak digunakan oleh rumah-rumah mewah. Kanopi dari bahan yang tembus cahaya ini memiliki banyak keunggulan, antara lain: banyak sinar matahari yang masuk, memiliki bentuk yang unik serta menimbulkan pandangan yang luas. Akan tetapi yang perlu diperhatikan bahwa kaca merupakan bahan yang mudah pecah sehingga pemasangannya harus dilakukan secara hati-hati. Biasanya kanopi kaca dibuat rangkap dua sebagai antisipasi apabila ada barang yang jatuh dan mengenai kanopi. Dilihat dari kacamata lingkungan, kanopi yang terbuat dari kaca dimungkinkan lebih banyak memantulkan cahaya matahari sehingga meningkatkan pemanasan global. 

2.    Genteng
Genteng merupakan salah satu jenis atap yang sudah digunakan sejak jaman dahulu karena bahan material penyusunnya berupa tanah liat mudah di dapat dan banyak orang yang bisa membuatnya. Salah satu keunggulan kanopi yang terbuat dari genting adalah bisa menimbulkan kesan alami dan etnik, selain itu bisa menahan panas sehingga ruangan dibawahnya akan tetap sejuk meskipun sinar matahari bersinar dengan terik. Adapun kelemahan dari kanopi genting adalah berat sehingga memerlukan struktur rangka atap yang kuat. Dan harganya pun cukup mahal dibanding material yang lain.

Bahan Kanopi3.    Metal
Kanopi metal biasanya dipadukan dengan struktur baja ringan yang mudah dibentuk, ringan dan fleksibel. Ada berbagai bahan metal yang bisa digunakan untuk kanopi seperti seng, alumunium dan lain sebagainya. Yang perlu di ingat bahwa sifat metal adalah menyerap panas, sehingga panas matahari diserap dan dipantulkan ke area dibawahnya sehingga membuat udara menjadi anas. Selain itu, apabila hujan suara yang ditimbulkan akan lumayan mengganggu kita.

4.    Fiberglas
Kanopi menggunakan bahan fiberglass banyak digemari karena harganya yang lebih murah dibandingkan polycarbonate.  Akan tetapi, bahan ini tidak dapat menahan panas matahari dan menyerap panas sehingga ruangan di bawahnya justru merasa panas.  Keawetan juga menjadi permasalahan sendirii bagi kanopi fiberglas karena cepat berlubang dan tidak tahan lama

5.    Polycarbonate
Polycarbonate merupakan salah satu material yang paling banyak digunakan untuk kanopi karena kualitasnya yang cukup bagus (tidak mudah pecah dan lebih tahan lama) n bentuknya yang enak dipandang mata dan ringan. Material berjenis polikarbonat memiliki bahan lembaran plastik yang mempunyai rongga untuk menyerap sinar matahari sehingga tidak akan membuat panas ruangan di bawahnya.  Hanya saja kanopi dengan bahan Polycarbonate ini memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan bahan yang lain. 

6.    Kain Polyethelene

Kain polyethelene cocok digunakan pada carport yang menggunakan kontruksi tenda karena sifatnya yanng elastis dan ringan. Bahan ini juga mampu menahan sinar Ultra Violet (UV) yang terkandung dalam sinar matahari sehingga tidak mudah kusam dan rusak. Kelemahan Kanopi Kain Polyethelene antara lain pori-pori yang kecil membuat bahan ini agak transparan sehingga memungkinkan matahari menembus ke ruang di bawahnya dan memungkinkan air hujan menembus bahan tersebut sehingga masih ada titik-titik air yang jatuh ke bawah

7.    Onduline/Onduvilla

Onduline/Onduvilla merupakan salah satu jenis atap yang terbuat dari fiber selulosa, bitumen dan resin yang tahan terhadap tekanan dan panas. Kelebihan Kanopi dengan menggunakan Onduline/Onduvilla antara lain ringan, mampu meredam panas dan memiliki warna yang beraneka ragam dan mudah dipotong karena lentur. Adapun kelemahannya adalah harganya yang cukup mahal.
SHARE

About Blogger

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: