6 Cara untuk Mencegah Tikus Masuk ke Rumah

Tikus merupakan salah satu binatang pengerat yang menjadi musuh kita karena sering masuk dan berbuat kekacauan ataupun kerusakan  di dalam rumah. Selain itu tikus disinyalir juga bisa menularkan beberapa jenis penyakit bagi penghuni rumah, khususnya bagi anak-anak atau lansia yang daya tahan tubuhnya belum atau tidak maksimal lagi.
Banyak hak yang bisa kita lakukan agar tikus malas menghampiri dan bercengkrama di rumah kita. Adapu langkah-langkah untuk mencegah tikus agar tidak masuk ke rumah kita antara lain:

1. Mengenali  Keberadaan Tikus

Bila di rumah kita banyak tikus yang berkeliaran, bisa dipastikan bahwa koloni tikus sudah membuat “sarang” di rumah kita. Untuk mendeteksi sarang tikus tersebut kita harus waspada terhadap liang atau lubang yang ada di sekitar rumah. Penghuni rumah ada baiknya melakukan pengecekan secara rutin terhadap tempat-tempat yang disinyalir menjadi sarang tikus tersebut. Kalau memang mencurigakan ada baiknya setiap lubang atau liang kita tutup sehingga tikus tidak balik lagi ke tempat tersebut. 

2. Mengelola Sampah Dengan Baik

Tahukah anda bahwa sampah merupakan salah satu barang yang disukai tikus? Sisa-sisa makanan yang berada di dalam sampah merupakan makanan yang sangat dinantikan oleh koloni tikus di sekitar rumah kita. Oleh karena itu, jangan sampai kita membiarkan sampah berceceran di area rumah. Apabila kita menggunakan tempat sampah di sekitar rumah, pastikan tempat sampah tersebut  masih layak pakai dan tertutup dengan baik. Kalau perlu pisahkan sampah organik (sisa-sisa makanan) dan sampah anorganik lalu olah sampah organik tersebut menjadi bahan-bahan yang berguna seperti pupuk kompos, makanan ternak atau yang lainnya.

3. Membersihkan Area Rumah
Keberadaan tikus di suatu rumah biasanya berhubungan erat dengan kebersihan rumah tersebut. Tikus biasanya menyukai tempat yang kotor, lembab dan gelap, jadi apabila ingin terbebas dari tikus, rumah harus benar-benar bersih. Membersihkan lantai secara rutin, khususnya tempat-tempat yang disinyalir banyak dilewati oleh tikus merupakan salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk mengurangi keberadaan hewan pengerat tersebut.

4. Menutup Jalan Masuk Tikus
Apabila rumah kita banyak terdapat tikus, kita harus curiga bahwa banyak lubang atau celah yanng menjadi jalan masuknya tikus ke dalam rumah. Perhatikan rongga bawah pintu, celah masuk kabel pada dinding, celah jendela, maupun celah pipa paralon. Tempat itulah yang biasanya menjadi jalan favorit tikus masuk ke dalam rumah. Tutuplah lubang atau celah tersebut demi menjaga rumah kita dari tikus yang memiliki tubuh dan tulang belakang fleksibel yang bisa melewati lubang-lubang kecil di rumah kita

5. Merapikan Barang-Barang
Rumah yang kondisinya mirip kapal pecah, menjadi tempat favorit tikus untuk nungkrong dan bercengkrama dengan sesamanya.  Oleh karena itu, kita sebagai bemilik rumah harus menyusun dengan baik barang-barang yang ada di dalam rumah kita. Kondisi barang yang berantakan biasanya memancing kedatangan tikus karena menyisakan ruang-ruang kosong yang bisa digunakan tikus untuk bersembunyi dan bersarang. Yang perlu menjadi perhatian ekstra adalah bagian gudang karena banyak barang yang diletakkan di sana. Untuk barang-barang yang kecil sebagiknya dijadikan satu dan ditempatkan dalam wadah yang disusun rapi dengan tidak menempel pada tembok.

6.  Menaruh Barang-Barang Dengan Aroma Menyengat
Tikus biasanya tidak suka dengan barang-barang yang berbau tajam dan agak menyengat di tempat yang sering dilewati atau lokasi bersembunyinya binatang pengerat tersebut. Oleh karena itu untuk membatasi pergerakan tikus perlu ditaruh barang-barang seperti kapur barus, kayu wangi, kayu cendana atau benda-benda berbau tajam yang lain.


SHARE

About Blogger

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: