Kesalahan-kesalahan dalam Mendekorasi Rumah

Dekorasi rumahRumah merupakan tempat kita bertempat tinggal dan menjadi tempat tujuan kita setelah seharian beraktivitas untuk beristirahat. Mengingat rumah merupakan tujuan akhir kita sehari-hari, maka mau tidak lamu kita harus bisa membuat rumah menjadi tempat yang paling nyaman sehingga layak untuk didiami. Salah satu hal yang membuat rumah menjadi nyaman adalah penataan dekorasinya. Berikut ini beberapa kesalahan yang harus kita hindari ketika mendekorasi rumah



1. Melupakan Ruang Depan

Ruang depan rumah merupakan area penyambutan bagi semua orang yang mau masuk ke rumah, termasuk kita sebagai pemiliknya. Oleh karena itu, kesan pertama akan rumah pasti akan terpancar dari kondisi ruang depan. Dengan membuat dekorasi ruang depan yang bagus dan nyaman, kita pun akan merasa nyaman ketika masuk ke dalam rumah setelah penat bekerja seharian. Termasuk juga tamu-tamu yang berkunjung ke rumah kita, dekorasi ruang depan akan membentuk persepsi awal mereka terhadap rumah kita.

2. Pencahayaan Terlalu Terang
Cahaya merupakan salah satu unsur utama dalam mendekorasi rumah. Salah satu kesahalan dalam mendekor rumah adalah dengan menyamaratakan pencahayaan di semua ruangan. Padahal kita sendiri tahu bahwa setiap ruang memiliki fungsi masing-masing. Dalam menata rumah, kita harus bisa mengatur pencahayaan sesuai dengan kebutuhan dan fungsi ruang masing-masing. Area dapur dan ruang tamu merupakan salah satu ruang yang membutuhkan pencahayaan banyak. Berbanding terbalik dengan kamar tidur, ruang ini sebaiknya diberi pencahayaan yang agak redup dibandingkan ruang lainnya.

3. Menggunakan warna yang sama di semua ruangan dan perabotan

Jangan menggunakan warna yang sama untuk semua ruangan dan perabotan yang ada di rumah kita. Memang kesannya lebih simpel dan mudah di atur, tapi kesan monoton yang timbul akan banyak memberikan rasa bosan pada penghuni rumah. Kadang kala, paduan warna yang kontras akan menjadikan rumah kita lebih menarik. Beberapa titik yang bisa kita mainkan warnanya dalam mendekorasi rumah antara lain dinding, lantai perabotan rumah tangga seperti meja, kursi, tempat tidur dan lain-lain. 

4. Ukuran Furniture dengan Ruangan Tak Sesuai

Furniture merupakan unsur yang sangat penting dalam menata ruangan rumah kita. Jenis, bentuk, warna dan ukuran merupakan hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan furniture yang akan kita gunakan. Dalam mendekorasi rumah, kita tidak boleh bermain-main dalam hal ukuran furniture. Sesuaikan ukuran furniture dengan ukuran ruangan dalam rumah kita. Jika furniture yanng berukura besar diletakan dalam ruangan yang sempit, maka akan mnimbulkan kesan bahwa rumah kita terlalu kecil.

5. Menjadikan Kamar Tidur Seperti di Hotel

Bagi beberapa orang yang sering bepergian dan menginap di hotel, ada kecenderungan ingin menyulap kamar tidur mereka seperti kamar tidur di hotel yang sering dikunjungi. Perlu diketahui bahwa penataan ruang kamar hotel dibuat menggunakan standar umum yang kaku sehingga kurang menonjolkan sisi personality dari pengguna ruangan. Beda halnya dengan kamar tidur di rumah kita, harus selalu diingat bahwa ini adalah ruangan dalam rumah yang kita miliki, jadi jangan takut untuk menyesuaikan ruangan dengan kondisi kita masing-masinng

Sumber: www.wolipop.detik.com

SHARE

About Blogger

    Blogger Comment
    Facebook Comment